Membahas Teori "Makanlah Sebelum Lapar dan Berhentilah Sebelum Kenyang"

Assalamu'alaikum Sobat Reader Bacaan Satu,
Postingan kali ini saya akan membahas soal teori mengenai ketepatan waktu dalam makan, seperti yang pernah di katakan Nabi Muhammad SAW, "Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang"


Ok, kita mulai pembahasannya.
Bismillahirrahmanirrahim :)




Makan? Apa itu makan? Semua manusia pesti pernah mengalami yang namanya "Makan" . Makan sendiri diartikan sebagai aktivitas manusia untuk bertahan hidup dengan memasukkan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. seperti karbohidrat yang berasal dari nasi, protein, lemak, zat besi, dll.


Tapi, kadang kita pernah merasakan makanan yang enak sekali. jadi kita terus menerus makan, hingga akhirnya kekenyangan.

http://risetoit.co.za/wp-content/uploads/2013/07/How-to-Avoid-Overeating-For-Athletes.jpg

Seperti dalam teori tadi,  Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. ketika kita lapar, lambung kita dalam keadaan kosong. otomatis, produksi Gas HCl (Asam lambung) Meningkat. Dan justru sangat berbahaya. Menurut informasi yang saya dapatkan dari narasumber, bila gas tsb. Naik dan mengenai kerongkongan, maka suara kita akan kresek kresek Dalam istilahnya, habis suara/suara hilang/serek, dll. bila terlalu penuh di dalam lambung, perut kita akan begah, kembung, dan resikonya penyakit maag, dan melukai dinding lambung sehingga menimbulkan perih yang sangat luar biasa. Bila gas ini keluar dari mulut, dan terhirup oleh hidung, maka otak kita akan mengalami masalah saraf sehingga menyebabkan pusing.



Lalu apa dampak dari kekenyangan?
Kekenyangan adalah proses dimana makanan yang dimakan sudah overload atau kepenuhan di dalam lambung. Akibatnya, Gas HCl Di dalam lambung akan terhalang dan proses pengasaman makanan, mengolah protein, dan kasein akan terhalang/tidak merata. sehingga proses pencernaan menjadi tidak sempurna, dan ada kemungkinan, bakteri yang ada di dalam makanan akan tetap hidup.

Untuk itu, Sobat reader bacaan satu harus tepat makan, jangan sampai kasusnya parah dan sampai masuk rumah sakit.

Oke, sekian dari pembahasannya,
Correct me if I wrong.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment